Selasa, 27 Maret 2012

menganalisa web


Analisis WEB
Posted by royanggara1 June 6, 2011
Banyak cara untuk melakukan penelitian sebuah website dari segi kualitas dan kuantitasnya. Dalam menganalisis sebuah website, tentu banyak hal yang harus dipertimbangakan. Mulai dari content, layout, graphic, traffic, overload, management access dan security serta segi komersiilnya. Untuk menentukan website itu baik atau buruk, tidak cukup mudah maupun sulit, dan yang pasti tidak ada sebuah hasil karya di dunia website yang buruk kecuali menyalahi aturan. ada beberapa point cara analisis sebuah website :
1. Traffic
Kenapa traffic termasuk dalam analisis website? Jawabannya cukup simple. Sebuah web kalau pengunjungnya banyak dan lama berkunjungnya, bisa di artikan website tersebut bermanfaat bagi pencari informasi. Masih tidak percaya ? Buktinya google akan memberikan iklan/adsense nya kalau website tersebut telah banyak dikunjungi orang (Cara halalnya).
2. Kecepatan Akses
Menunggu? Membosankan. Itu kata pertama yang terlintas di pikiran. Berarti kita sama. Kenapa kecepatan akses web, karena website yang aksesnya lama akan membuat pengunjung untuk batal berkunjung ke website tersebut, ini dampak negatifnya. Tp dampak negatif ini juga bermanfaat bagi pemilik website yang notabene menacari traffic untuk layanan komersiilnya. Karena akan meningkatkan traffic website tersebut. Alhasil kemungkinan PR meningkat juga ada dan tawaran bisnis mungkin juga mengalir walaupun disebut traffic fake (cara bodoh).
3. Security member
Untuk hal ini perlu penanganan khusus, misalnya saja untuk keperluan tertentu, website dengan content khusus sebaiknya menggunakan fasilitas member karena untuk menjaga bahwa file tersebut tidak jatuh pada orang yang tidak di inginkan. Contohnya blogspot juga memberikan layanan ini untuk content dewasa.
4. IP Tracker
Kalau fasilitas ini bisa dibilang pelacak secara auto. Karena setiap kali kita berkunjung ke website, IP address komputer kita akan dicatat oleh system website tersebut. Tidak hanya IP saja yang bisa di ambil. Hal ini untuk keperluan review bagi pemilik website. Contohnya: Website saya sudah ada layanan IP tracker ini. Jadi setiap teman-teman buka post atau buka apa saja, secara otomatis nama komputer, IP, hal yang dilakukan, tercatat dalam sistem saya. Jadi saya bisa tahu siapa saja teman sekelas saya yang buka website saya dari Nama Komputer saja.
5. Spam security
Ini buat mereka yang suka bermain spam/sampah, bertobat ya. Hehe…… Untuk menghindari hal ini, alngakh baiknya sebuah website mempunyai system auto block spam. Jadi kemungkinan hal yang tidak diinginkan bisa diminimalkan.
6. Captcha Security
System ini adalah salah satu cara untuk block spam. Systemnya, setiap pengunjung akan diminta untuk mengetik ulang teks yang berbentuk gambar atau tulisan acak sebelum submit komentar.
7. Layout dan Graphic
Hal ini sangat diperlukan karena website yang memiliki layout rapid an graphic yang indah, akan membuat pengunjung betah belama-lama untuk berkunjung. Dengan beberapa tambahan graphic flash, gambar, video, akan mempercantik dan memperjelas informasi yang ada.
Software/plugin/aplikasi untuk menganalisis website :
1. Google analytic
Aplikasi dari google untuk mengetahui darimana pengunjung, berapa jumlah pengunjung tiap hari/bulan/tahun.
2. IBP
Internet Bussines Promotore merupakan layanan untuk skala bisnis untuk mencari trend, keyword, pengunjung serta memonitoring aktifitas dalam website.
3. FeedBurner Reader
Fasilitas gratis dari feedburner untuk melihat post/artikel apa saja yang telah dibuka pengunjung setiap harinya. Layanan ini juga menyediakan form untuk berlangganan artikel pada pengunjung dengan mengirimkan email ke pengunjung.




Menganalisis Web Dari cara Mendaaftar Sampai Menjadikan Patner Bisnis


Tugas ke-3 dari mata kuliah e-bisnis yaitu menganalisis web mulai dari cara mendaftar sampai menjadikan web tersebut sebagai partner bisnis kita!
Menjadikan web yang sudah berhasil untuk jadi partner bisnis kita? Boleh dicoba, mungkin saja bisa berhasil..! amien..tapi sebelumnya harus ada proses analisis dulu agar kita menjadi tau.
Cara mendaftar di web amazon.com  :
·         Klik amazon.com
·         Setelah itu akan muncul halaman seperti dibawah ini

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijzMCVbW3Ik5e4orcF0GF5gWbhYPiDmNnaktSQ8n8iJAK6pIQDOtWGc3RXXdMXJt1dckENDmnJuRuxzvFRM9zTk781lM_Tm2Y8I_mQZK1rzdtSqIHTZKGY2CTVZ7rCY4doXUKHXXJUPEs/s400/amazon.png

·         Kemudian klik new account
Setelah kita meng-klik new account, dan jika kita mendaftar di yahoo maka akan muncul bagan pendaftaran seperi formullir elektronik yang harus kita isi semuanya. Seteleh itu kita akan di bawa ke Amazon Recommended yakni amazon Betterizer

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiltnR49HyclUvIVg1jQFzYPtfnPEzmdJ_eiCoTM_qtXq3x1aKabTFJtv60VzNirp2rWgmxiHlZxZGQ7geNRIKLwO2W1-KEP93o89qUsZuia1kdDt6TxvTUkeT4y2qLWyFbw1nPy3EEZs4/s400/amazon+betterizer.png

Demikian yang bisa saya jelaskan tentang cara mendaftar di web amazon.com, mudah-mudah bisa bermanfaat kita terutama dalam mata kulliah e-bisnis.


Selanjutnya menjadikan web tesebut untuk menjadi partner bisnis kita,gima ya caranya??
Mungkin bagi kita yang masih awam tentang web agak sedikit ragu untuk bisa mengajak web tersebut menjadi partner bisnis kita, tapi apa salahnya jika kita mencoba dulu. Menurut saya mengajak suatu web menjadi rekan bisnis yaitu dengan cara menitipkan produk yang akan kita jual melalui web tersebut atau dengan cara memasang iklan produk yang akan kita jual melalui web tersebut, caranya :
·         Buat daftar
Daftar pencarian item yang akan kita jual sangat penting dibuat agar memudahkan konsumen dan proses penjualan. Pastikan kita memiliki komponen yang benar. Selain itu kita juga bisa menjual item dari halam rumah amazon.com denan cara mengklik jual stuff pada bar navigasi atau di bagian manage inventarisasi rekening penjual kita.
Selanjutnya pilih metode pengiriman, apakah memilih kapal pesanan untuk pembeli sendiri atau menggunakan layanan pemenuhan amazon .
·         Lihat dancari order
Para kelola order fitur menyediakan tampilan yang disesuaikan dengan pesanan. Kita dapat melihat semua perintah dalam rentang tanggal tertentu atau menggunakan pencarian atau pencarian lanjuut untuk mengasah dalam pada pesanan tertentu. Dengan fitur ini kita juga dapat mengakses rincian yang diperlukan untuk memenuhi pesanan.
·         Pengiriman dan pengemasan
Buka akun kita dan penjual, mengelola order-order kita pos, lihat pesanan terakhir kita market place, lalu cari pesanan dan pastikan status selesai.
Klik nomor untuk  mengakses halaman detail order, verifikasi metode pengiriman, cetak slip pengepakan dan label alamat. Paket pesanan kita dan membeli perangko untuk kapal sesuai dengan metode pengiriman yang ditentukan.
Hubungi pembeli untuk memberi tahu bahwa pesanannya teah dikirimkan menggunakan link pada halaman rincian order.
·         Mendapat bayaran
Ketika kita daftar item di amazon.com untuk yang pertama kalinya kita akan diminta untuk mendaftar untuk menerima hasil penjualan.
Melalui pembayaran market place kita dengan layanan  amazon, kita harus menyediakan kartu kredit yang valid informasi untuk keperluan verifikasi dan penagihan informasi yang valid mengenai account bank dimana-mana yang akan disalurkan kepada kita. Setelah penjualan terjadi dan kita telah mengirim konfirmasi amazon bahwa pesanan telah dikirim, maka amazon memproses pembayaran dari pembeli dan kredit hasil dari penjualan ke account pembayaran market place kita.
Jika kita seorang penjual yang masih baru, ada periode 14-hari memegang awal sebelum danaakan, dirilis dari account Pembayaran Marketplace kita. Periode memegang adalah persyaratan keamanan yang penting, kita tidak dapat mencairkan dana ke rekening bank kita selama ini. Setelah kita telah menerima pencairan otomatis pertama kita, kita akan memenuhi persyaratan untuk meminta pembayaranlebih sering dari account pembayaran market place kita.










  1. 1. Pengertian analisis web traffic
Analisis Web Traffic adalah cara-cara menganalisis web site untuk mengetahui hal-hal di antaranya :
a)      Siapa saja yang mengunjungi web site tersebut ?
b)      Darimana saja pengunjung berasal jika dilihat dari IP Address ?
c)      Jumlah pengunjung web site tersebut?
d)     Berapa kali setiap halaman di web kita sudah dikunjungi orang ?
e)      Kapan saja pengunjung membuka halaman-halaman web site tersebut ?
f)       Browser mana yang di pakai oleh pengunjung web ?
g)      Kata-kata kunci  / frasa apa saja yang digunakan oleh pengunjung dalam mencari web tersebut melalui search engine ?
h)      Iklan-iklan mana saja yang dilihat oleh pengunjung ?

Disamping itu juga kita dapat mengumpulkan informasi demografi pengunjung web tersebut. Informasi demografi meliputi  : asal daerah / Negara, usia, pendidikan, penghasilan, dll.

  1. 2. Kemana web akan di analisis
Jika kita ingin menganalisa web kita, maka kita dapat mendaftarkan di perusahaan internet seer dengan alamat : http://www.internetseer.com. Perusahaan ini dapat melakukan semua hal yang sudah disebut diatas.
Hasil analisisnya dapat dilihat seperti dibawah ini :
Monitoring stat for : http:// www.juiceattack.com
day
mon
tue
wed
Thu
fri
sat
sun
Weekly
total
date
09/08
09/09
09/10
09/11
09/12
09/13
09/14
outpages
0
0
0
0
0
0
0
0
Time on error
00:00
00:00
00:00
00:00
00:00
00:00
00:00
00:00
% uptime
100.0
100.0
100.0
100.0
100.0
100.0
100.0
100.0
Connect time
0.11
0.11
0.11
0.11
0.11
0.11
0.11
0.11
Outages – number times we were unable to access this URL
Time on error – the total times this URL was not available (hr:mm)
% uptime – the percentage this URL was available for the day
Connect time – the overage time in seconds to connect to this URL

Table diatas menunjukan hasil analisis web http://www.juiceattackcom
hasil analisis yang dilaporkan diantaranya ialah :
  • Waktu monitoring : 1 minggu dan kapan dimonitor
  • Waktu terjadinya kesalahan : jumlah total URL tidak tersedia
  • Outpages : jumlah waktu dimana URL tidak dapat diakses
  • % uptime : presentase URL tersedia setiap harinya
  • Connect time : waktu rata-rata dalam detik untuk koneksi dengan URL ini

  1. 3. Membuat analisi web traffic
Manfaat utama melakukan traffic diantaranya ialah :
a)      Mengetahui bahwa web site kita selalu aktif dalam 24 jam dan 7 hari
b)      Mengetahui kapan web kita tidak aktif atau tidak dapat diakses oleh pengunjung
c)      Menemukan pasar yang ditargetkan khususnya kalau dilihat dari factor geografis melalui IP Address

Analisis Web Traffic membantu kita dalam menganalisis kesiapan web perusahaan sebagai media utama dalam menampilkan produk atau jasa yang di jual secara online karena itu perusahaan perlu melakukan analisis web traffic. Data dari hasil analisis ini akan dapat dimaanfaatkan dalam menentukan segmen pasar yang ditargetkan didasarkan factor geografis.
http://juiceattack.wordpress.com/2011/07/14/analisis-web-traffic/



1 komentar:

  1. makasih artikelnya manfaat..apakah bisa di informasikan cara memasang IP tracker?matur nuwun

    BalasHapus